Langsung ke konten utama

Cerita Pe-sensoran Itu

Kisruh dalam dunia perfilman Indonesia akhir-akhir ini menyita perhatian publik. kisruh yang terjadi ditengah bankitnya semaraknya film anak negeri menghiasi berbagai macam poster tontonan di bioskop yang selama ini di dominasi oleh film buatan Holywood dan Bolywood. Bagi mereka yang berada ditengah-tengah industri perfilman tentunya hal yang sangat penting, sesuatu yang harus diperjuangkan, sesuatu yang diyakini walupun akan berseberangan dengan yang diyakini oleh sebagian kelompok lain.

Pada hari rabu kemarin (9/1) dua kelompok besar yang kesehariannya terlibat dalam ranah budaya khususnya film berdebat dalam sebuah ruangan besar dan mewah, yang diributkan adalah persoalan layak atau tidak sebuah film disensor sedemikian rupa hingga dianggap tidak menghargai hasil cipta karya si pembuat film dan merugikan konsumen. Perdebatan tersebut terus mengalir, kedua kelompok saling mengklaim kebenaran.

Pada awalnya sebuah film adalah sebuah cerita khayalan yang penuh imajinasi namun tak pernah terlepas dari realitas sosial yang ada. Sebuah film juga merupakan sebuah cerminan realita yang diangkat ke layar, disaksikan oleh banyak orang dengan tujuan hiburan alias entertaiment. Harapan akan sebuah hiburan yang mempertontonkan diri sendiri seakan sirna begitu sebuah lembaga yang diberi kuasa oleh negara untuk menggunting atau menghapus sebagian film karena dianggap akan merusak sebuah tatanan masyarakat yang telah mapan serta stabil.

Dua perdebatan itu jikalau ditilik lebih dalam lagi seperti pertempuran antara kaum modren dengan kaum konsevatif, yang satu menginginkan sebuah kebebasan dalam berkarya, kelompok lain menginkan semuanya mesti berada dalam rel atau jalur yang telah ditentukan, kalau keluar jalur siap-siap aja di lempar. Anggapan Jero wajik bahwa bangsa ini masih membutuhkan waktu lagi untuk bisa menuju era modren karena budaya masyarakat yang beragam serta tingkat pendidikan penduduk yang begitu rendah sehingga belum siap menerima segala sesuatu dari luar. Belum bisa menentukan yang mana yang benar dan salah (padahal adalah tanggung jawab dan kewajiban negara untuk mencerdaskan kehidupan bangsa).

Kebudayaan dan Film Nasional

Kebudayaan ternyata tidak tinggal diam tetapi bergerak, tumbuh dan berkembang. Sebagai akibatnya pengertian kebudayaan juga turut berubah walaupun istilahnya sendiri tetap dipertahankan. Perubahan dan pelipatgandaan pengertian itu, yang jelas membuat bidang semantik terus meluas, bukanlah sekedar persilatan kata menurut mode intelektual. Berbagai petunjuk membuktikan bahwa hal tersebut memang sesuai dengan bermacam-macam tuntutan serta hirauan yang cukup mendasar dan mendalam. Bahkan kelihatannya banyak hal yang dahulu dianggap sebagai bagian masalah politik kini seperti sudah dialihkan ke dalam urusan yang disebut kebudayaan .

Sementara itu sangat menonjol adanya kaitan yang erat antara kebudayaan dan pendidikan. Hal ini terlihat jelas sekali pada alam pikiran Jerman. Di situ terdapat dua istilah, "Kultur" dan "Bildung". yang dalam bahasa Anglosakson cukup dinyatakan dalam satu istilah. yaitu "culture". Bildung dalam dirinya melambangkan sumbangan asli dari buah pikiran (Hegel, Fichte) dan sastra (Goethe, Schiller) Jerman pada pengertian kebudayaan dan pada perwujudannya. Dua dari bagian-bagian pokoknya adalah: pembentukan intelektual, estetika dan moral dari manusia serta pengadaan beberapa hubungan mendasar yang menjalin manusia dengan alam, dengan manusia lainnya, dengan berbagai bentuk masyarakat manusiawi. dengan kemanusiaan sebagai keseluruhan, dengan Tuhan, dengan Ketuhanan.

Film sebagai sebuah hasil daya kreasi anak manusia mempunyai ciri khas tersendiri dalam setiap eranya. Film zaman sekarang tentunya akan berbeda jika dibandingkan dengan film tahun 80-90an. Karena pengaruh serta proses kreasi para insan filmnya terus berdialektika dengan kondisi materi yang mempengaruhi mereka. Budaya setiap jenis serta karakter zamannya akan terus berbeda dan hal itu tidak bisa dibantah denagn hanya berpatokan pada pemikiran konsevatif para pemegang kekuasaan.

Sayangnya kebudayaan, yang cenderung diartikan sebagai keselu-ruhan pengetahuan karya kesenian dan karya akal budi masa lampau itu dianggap tidak akan bisa bersanding dengan kebudayaan masa kini yang telah diapresiasikan oleh para kaum muda dalam bentuk kesenian lainnya khususnya film, sehingga setiap hasil karya zaman sekarang selalu, perlu dan mesti diawasi oleh para “penjaga” yang menamakan dirinya lembaga sensor.

Disisi lain para “penjaga” tersebut menganggap sebuah karya seni tidak bisa dikomersilkan begitu saja, mesti ada sebuah proses yang harus dilewati berdasarkan tingkat pendidikan yang pada zaman sekarang telah dikomersilkan. Kebudayaan yang di-tanggapi secara konsumtif ini memang mempunyai nilai, memang ada gunanya. Namun artinya itu menjadi hilang apabila ia diubah dari alat menjadi tujuan, seperti yang praktis dilakukan oleh pagelaran drama tari klasik dan tontonan tradisional rakyat dengan berbagai pola serta bentuknya serimpi, bcdaya, wayangorang, ketoprak, ludruk, debus, dan sebagainya maupun oleh sistem pendidikan dan latihan kilat baik di dalam maupun di luar lingkungan sekolah. Hal inilah yang dianggapakan menyesatkan masyarakat telebih proses berkembangnya budaya ini dipengaruhi budaya eksternal, sebuah budaya yang datang dari luar, barat.

Realita Sosial

Sebuah kejadian yang benar-benar terjadi dalam sebuah masyarakat merupakan fakta sosial yang tak terbantahkan, fakta-fakta sosial inilah yang kemudian yang akan menjadi realita sosial dimana kejadia-kejadian tersebut begitu menarik sehingga dijadikanlah tontonan bagi masyarakat. Ada tontonan kesedihan., tontonan kebahagian, maupun tontonan kebodohan manusia sehingga menjadi bahan tertawaan yang mengocok perut.

Kebanyakan film berangkat dari fakta-fakta, kejadian-kejadian yang menarik yang terjadi di tengah-tengah masyarakat, dengan sedikit bumbu disana sini jadilah tontonan yang kemudian bisa saja menjadi pemicu keributan. Anda tentu ingat bagaimana film “Buruan Cium Gue” atau “I Love You Om” menjadi biang keributan. Padahal di filmnya sendiri tidak seseram judulnya, atau anda ingat bagaimana goyangan ngebor Inul membuat huru hara, padahal –meminjam istilah Cak Nun- pantat Inul itulah wajah sebenarnya manusia Indonesia, dengan arti bahwa sebenarnya goyangan Inul itu adalah sebuah fakta sosial dan mayoritas masyarakat menyukai tontonan seperti itu. Hal yang tak berbeda ketika dibandingkan film-film Indonesia. Adegan ranjang di film berbagi suami harus rela dipotong, ciuman antara Nicholas Saputra dan Wulan Guritno hanya tersisa sepersekian detik. Keagungan sebuah karya sedang dipertaruhkan.

Padahal dalam sudut sebuah mall seorang perempuan sedang dikulum bibirnya, tak seorangpun yang berteriak, diiringi oleh lantunan musih house tubuh sepasang manusia saling bergesekan, begitu vulgar, begitu tentram dalam dunianya sendiri. Tak terdengar hiruk pikuk mereka yang menggugat (terkecuali sewaktu menjelang bulan puasa saja) sebuah ironi terjadi didepan mata para pengkalim kebenaran ajaran tuhan.

Menolak sebuah realita atau fakta sosial adalah warisan zaman orde baru, yang harus ditonton adalah yang baik-baik saja, yang indah-indah, yang bagus-bagus sehingga kejadian nyata yang tengah terjadi dalam masyarakat tidak banyak yang mengetahui., Apa yang dialami oleh masyarakat Porong, Sidoarjo tidak banyak diketahui oleh rakyat di Papua begitu juga penderitaan Ceriyati dan para korban human trafficking tidak diketahui oleh khalayak ramain, bisa diartikan hal tersebut merupakan penutupan akses informasi yang merupakan hak setiap orang untuk memperolehnya, dalam hal ini lembaga sensor bisa dikatakan telah melanggar hak asasi manusia.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Wiranto's Campaign Advertorial Uses Soeharto

The People's Conscience Party (Hanura) started broadcasting its television campaign advertisement since 9 February 2009. The advertisement showed Hanura's chairperson, Wiranto, and former Indonesian President Soeharto. The advertisement starts with the number 2009 on the left side on a black background. Then, it is followed by a narration: "Two thousand nine, the crisis is up ahead. Why fear it? Wiranto says so." Then Wiranto image in a black suit appears with the national flag in the background and the logo 'Why Fear It?' (' Kenapa Harus Takut '), continued with the narration. "Many crises have shaped him into a strong and honest figure," the narration goes on, with images of the May 1998 riot. After images of the riot, then comes Soeharto's image, leader of the New Order, fastening what is probably a medal on Wiranto's uniform. Next to the image were the words: 'President Soeharto gives General Wiranto a chance to take the le

Gender dan Multikulturalisme

Bahkan semenjak bayi pun, manusia sudah melakukan polarisasi, contoh paling gampang adalah ketika memilih baju, pakaian ataupun accessories pada bayi. Bagi yang berjenis kelamin perempuan dipastikan menggunakan warna pink, sedangkan yang laki-laki kebayakan memakai warna biru. Identifikasi warna berdasar gender ini lah yang kemudian membuat polarisasi itu tumbuh dan berkembang bahkan sampai dewasa nanti. Bahayanya adalah ketika polarisasi yang tertanam semenjak bayi ini merembet ke berbagai isu social lainnya. Pink sebagai sebuah warna merupakan campuran warna dasar merah dan putih, warna bendera kita, apakah bisa dartikan bahwa bendera kita itu otomatis mempunyai gender ? Saya tidak tahu, entah kalo anda. Kembali kepada polarisasi, menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia Polarisasi adalah : polarisasi /po·la·ri·sa·si/   n   1  proses, perbuatan, cara menyinari; penyinaran;  2  magnetisasi;  3   pembagian atas dua bagian (kelompok orang yang berkepentingan dan sebagainya)

Stimulus bill snag worked out, sources say

Negotiators have worked out a disagreement between the Senate and House over education funding in the economic stimulus bill, Democratic leadership sources said Wednesday evening.